Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Karanganyar, BAZNAS Respon Cepat

Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Karanganyar merespon cepat kejadian 16 titik tanah longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Karanganyar, tepatnya di desa Menjing, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (4/3/2024).  Ada sekitar dua puluh lima (25) KK yang mengungsi di Balai Desa Menjing. Longsor tersebut menyebabkan dua rumah hancur dan satu rumah hanya menyisakan puing-puing. Selain itu juga material yang terbawa longsor menutupi jalan dan perkampungan.

Sepuluh orang relawan BTB ditugaskan ke lokasi bencana selama empat hari dari Senin, (4/3/2024) sampai dengan Kamis (7/3/2024). Layanan yang diberikan oleh BTB adalah mendistribusikan logistik untuk dapur umum yang ada di lokasi pengungsian dan mendistribusikan makanan siap saji kepada relawan dan korban tanah longsor.

Bersama-sama relawan dari kabupaten dan kecamatan warga masyarakat sekitar juga berpartisipasi untuk membersihkan area terdampak tanah longsor secara bergilir.

Selain di desa Menjing, ada laporan yang meyebutkan tanah bergerak di Desa Balong, Kecamatan Jenawi. Namun hanya memutus akses jalur alternatif Kerjo-Jenawi. Pembersihan sisa material berhasil membuka kembali akses lalu lintas tersebut. Tim BTB juga telah mengirim logistik ke desa tersebut.

Facebook Comments