Meski SMA/SMK Sudah Tidak Setor, Pengumpulan ZIS Baznas Karanganyar Tetap Tertinggi se-Jawa Tengah

Kamis(20/06/2019) – Pengumpulan Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar tetap meningkat setiap bulan meski sekolah SMA/SMK sekarang sudah tidak lagi setor ZIS ke Baznas Kabupaten. Diinformasikan sebelumnya bahwa pengambilalihan pengeloaan SMA/SMK oleh Provinsi menyebabkan sekolah SMA/SMK tidak lagi membayarkan ZIS nya ke Kabupaten melainkan ke Baznas Provinsi.

Berdasarkan pantauan dalam kegiatan Sarasehan Ulama dan Umaro serta Halal Bi Halal di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu(19/06), total ZIS yang terkumpul sebanyak Rp 1,34 M.

Ketua Baznas Karanganyar, Sugiyarso, menyampaikan bahwa pengumpulan zakat fitrah di Karanganyar ada kenaikan 245 Juta, beras dari ASN terkumpul 25 Ton, dan sudah didistribusikan sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah berupa beras tersebut ditashorufkan ke 14 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar.

Tiga Kecamatan yaitu Jumapolo, Jatipuro dan Ngargoyoso tidak menerima pendistribusian tersebut karena  sudah tercukupi dari wilayah masing-masing. Sedangkan untuk infaq terkumpul 156 Juta lebih. Bulan Mei zakat infaq terkumpul 5 Miliar sudah ditashorufkan atau di distribusikan sudah mencapai 3 Miliar 400 Juta lebih.

Sementara itu, Bupati Karanganyar yang diwakilikan oleh Asisten II Setda Karanganyar, Siti Maesaroh menyampaikan bahwa Bupati akan meningkatkan program Karanganyar Bertakwa, salah satunya adalah sosialisasi kepada pedagang sate jamu (daging anjing, red). Rencananya, para pedagang tersebut akan dikumpulkan di Rumah Dinas Bupati untuk diberikan pengarahan. (Iga)

Facebook Comments